MAKALAH
STATISTIK
PENDIDIKAN
Fungsi dan
Kegunaan Statistik dalam Dunia Pendidikan
Dosen Pembimbing
:Drs.Rizalman.M.Pd
DISUSUN
OLEH :
Kelmpok
2
1. Adin
akmal
2. Yuda
Dasril Ilfat
FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN FISIKA
IAIN SULTHAN
THAHA SAIFUDDIN JAMBI
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
wr, wb.
Puji
syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah Swt karna atas limpahan taufik dan
hidayahnya kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
Kami
menyadari bahwa dalam menyelesaikan tugas makalah ini masih dapat kekurangan
dan jauh dari kesempurnaan, hal ini disebabakan keterbatasan kemampuan yang
kami miliki. Untuk itu kami mohon maaf atas kekurangan tersebut.
Kami
dapat menyelesaikan makalah ini tidak terlepas dari berbagai pihak, kesemuanya
itu kami ucapkan terima kasih, kepada:
1. Orang
tua kami yang selalu member dorongan dan motivasi untuk selalu giat belajar.
2. Bapak
dosen pembimbing.
Atas
segala bimbingan dan bantuan yang telah di berikan semoga menjadi amal ibadah
dan manfaat selayaknya dari Alllah.
Jambi, MEI-2012
Penyusun
BAB
I
PEMBAHASAN
1.1 . PENGERTIAN STATISTIK PENDIDIKAN
Statistik
pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang membahas atau mempelajari dan
mengembangkan prinsip-prinsip, metode dan prosedur yang perlu ditempuh atau
dipergunakan, dalam rangka pengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisisan
bahan keterangan yang berwujud angka mengenai hal-hal yang berkaitan dengan
pendidikan (khususnya proses belajar-mengajar), dan penarikan kesimpulan,
pembuatan perkiraan serta ramalan secara ilmiah (dalam hal ini secara
matematika)atas dasar kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka tadi.
1.2. KEGUNAAN
STATISTIK DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Fungsi
yang dimiliki oleh statistik dalam dunia pendidikan adalah menjadi alat bantu
dalam proses belajar-mengajar.
Didalam
kegiatan menilai hasil pendidikan itu, seorang pendidik mengenakan norma
tertentu; norma tersebut pada hakikatnya adalah semacam ukuran. Hasil penilaian
itu biasanya dinyatakan dalam berbagai macam cara. Namun cara yang paling umum
digunakan adalah dengan menyatakannya dalam bentuk angka (bilangan). Hal yang
dinilai itu sendiri yaitu kemajuan atau perkembangan anak didik setelah mereka
menempuh proses pendidikan dalam jangka waktu tertentu. Sebenarnya bersifat
kualitataif, akan tetapi diubah menjadi data yang kuantitatif. Dengan kata
lain, terhadap hasil penilaian itu dilakukan kuantifikasi. Alasan kuantifikasi
itu sudah pasti bermacam-macam, namun alas an yang paling utama ialah dengan
melakukan pengubahan bahan keterangan
yang bukan berupa angka menjadi bahan keterangan berupa angka, pendidik akan
dapat dengan secara lebih jelas dan tegas memperoleh gambaran mengenai kemajuan
atau perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik, setelah mereka menjalani
proses pendidikan. Dengan menggunakan data kuantitatifseorang pendidikan akan
lebih dapat memperoleh kepastian, ketimbang menggunakan data kualitatif. Karena
dalam kegiatan penilaian hasil pendidikan cara yang paling umum digunakan
adalah dengan menggunakan data kuantutatif.
Fungsi
yang penting ssebagai alat bantu, yaitu alat bantu untuk mengolah, menganalisis,
dan menyimpulkan hasil yang telah dicapai dalam kegiatan penilaian tersebut.
Bagi
seorang pendidik professional, statistik juga memiliki kegunaan yang cukup
besar. Sebab dengan menggunaan statistik sebagai alat bantu, maka berlandaskan
pada data eksak itu ia akan dapat :
a. Memperoleh
gambaran, baik gambaran secara khusus maupun gambaran secara umum tentang suatu
gejala, keadaan atau peristiwa.
b. Mengikuti
perkembangan atua pasang surut mengenai gejala, keadaan atau peristiwa
tersebut, dari waktu ke waktu.
c. Melakukan
pengujian, apakah gejala yang satu berbeda denagn gejala yang lain ataukah
tidak. Jika terdapat perbedaan, apakah perbedaan itu merupakan perbedaan yang
berarti ataukah perbedaan itu terjadi hanya kebetulan saja.
d. Mengetahui
apakah gejala yang satu ada hubungannya dengan gejala yang lain.
e. Menyusun
laporan yang berupa data kuantitatif denag teratur, ringkas dan jelas.
f. Menarik
kesimpulan secara logis, mengambil keputusan secara tepat dan mantap, serta
dapat memperkirakan atau meramalkan
hal-hal yang mungkin terjadi di masa mendatang, dan langkah konkret apa yang
kemungkinan perlu dilakukan oleh seorang pendidik.
BAB II
PENUTUP
2.1 kesimpulan
Statistik adalah:
Mempunyai metode prosedur yang perlu ditempuh atau di
per gunakan dalam rangka penyusunan
pengumpulan yang berwujud angka
yang berkaitan dalam pendidikan .
Seperti
:memperoleh gambar-gambar atau tabel-tabel angka –angka ujian semester dari anak fisika
IV A.
DAFTAR
PUSTAKA
Prof.dr.Anas sugiyono.statistik pendidikan
Thank's Infonya Bray .. !!!
BalasHapuswww.bisnistiket.co.id
ASSALAMMUALAIKUM..THANKS INFO NI.WALAUPUN KURANG DIFAHAMI.SEBAB SAYA BERASAL DARI MALAYSIA..
BalasHapusmakasih infonya
BalasHapusGood Job
malu maluin kalo punya website tapi isinya cuma copas dari web sebelah. bisa di report nantinya.
BalasHapus