MAKALAH
STATISTIK PENDIDIKAN I
“ Pengertian statistik”
Dosen Pengampu:
Drs.Rizalman,M.pd
Disusun oleh
Kelompok I :
1.
Abdul Kadir
2. Ayu
Febriani
JurusanFisika
FakultasTarbiyah
Institut Agama Islam
Negeri
SulthanThahaSaefuddin
Jambi
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat allah SWT yang telah menganugrahkan
hidayah,inayah, kekuatan dan kesempatan kepada kami sehingga kami bisa menyelesaikan tugas
makalah kami “STATISTIK PEMDIDIKAN” .
Sholawat
dan salam kami khaturkan kepada baginda rosulullah SAW beserta para sahabatnya
yang telah membelah ,melawan dan mempertahankan agama islam sebagai agama yang
murni dari allah SWT. Karena berkat
beliaulah kita bisa menikmati indahnya
persaudaran antara umat islam dari belahan dunia. Demikianlah kiranya
pengantar dari kami semoga isi dari pembahasan yang ini dapat bermanfaat.
Amin ya robbal alamin..............
BAB
I
PENDAHULUAN
I.I
LATAR BELAKANG
Secara
etimologis kata “statistik” berasal dari kata
status, (bahasa latin) yang dalam bahasa indonesia diterjemahkan
menjadi negara.
ilmu statistik adalah ilmu pengetahuan yang
membahas atau mempelajari prinsip-prinsip ,metode dan prosedur yang diperlukan dan dipergunakan dalam pengumpulan ,penyusun,
penggambaran, dan penganalisis secara
ilmiah atas dasar kumpulan data angka. Yang berkaitan dengan pendidikan (khususnya proses beljar mengajar) dan penarikan kesimpulan atas dasar
kumpulan bahan keterangan yang berwujud
angka.
Statistik juga berhubungan dengan
data –data yang bersifat fakta dari data-dara tersebut kita bisa
melakuklan sebuah kegiatan.
I.2
RUMUSAN MASALAH
1. Jelaskan
pengertian statistik?
2. Jelaskan
penggolongan statistik?
3. Jelaskan
ciri statistik dan permasalahan statistik?
I.3 TUJUAN MASALAH
1.
Untuk mengetahui pengertian statistic.
2.
Untuk memahami
pengolangan statistic.
3.
Untuk mengetahui
cirri dari statistic dan apa saja pemasalahannya.
BAB
II
PEMBAHASAN
II.I
PENGERTIAN STATISTIK
secara
etimologis statistik berasal dari kata status (bahasa latin) yang dalam bahasa
indonesia dapat diartikan sebagai negara, dimana ilmu statistik mempunyai arti
yang penting dan kegunaan yang sangat besar dalam suatu negara.
Sedangkan
dari segi terminologi statistik terdapat beberapa pengertian sebagai berikut:
a. Istilah
statik dapat diartikan sebagai data staitistik ,yaitu kumpulan bahan keterangan
yang berupa angka atau bagian. Dan bisa juga disebut dengan deretan atau
kumpulan angka yang menunjukkan keterangan mengenai cabang kegiatan kehidupan tertentu.
b. Istilah
statistik ini disebut dengan kegiatan statistik ,dimana kegiatan itu sebagai
pengumpulan data.
c. Istilah
statistik disebut juga dengan metoode statistik. Yaitu cara-cara yang perlu
ditempuh dalam rangka mengumpulkan, menyusun atau mengatur,menyajikan dan
menganalisis sekumpulan bahan bahan kerangk yang berupa angka sehingga nantinya
dapat memberikan pengertian dan makna tertentu.
d. Istilah
statistik juga disebut dengan ilmu
statistik. Yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengembangkan secara
ilmiah tahap-tahap yang ada dalam kegiatan statistik.
Dari beberapa
penjelasan dari istilah statistik yang telah dipaparkan diatas dapat
disimpulkan bahwa ilmu statistik adalah
ilmu pengetahuan yang membahas atau mempelajari prinsip-prinsip,
metode,dan prosedur yang diperlukan dalam pengumpulan, penyusunan, dan
penganalisis secara ilmiah atas dasar kumpulan bahan keterangan yang berwujut angka.
II.2
PENGGOLONGAN STATISTIK
berdasarkan
tingkat pekerjaan atau tahap yang terdapat dalam kegiatan statistik, yaitu dapat
dibeddakan menjadi dua penggolongan:
1. Penggolngan statistik desriptif yang biasa dikenal
sebagai statistik deduktif atau statistik sederhana. statistik ini adalah
statistik yang tingkat pekerjaannya mencakup cara-cara menghimpun , menyusun
atau mengatur, mengolah, menyajiakn , dan menganalisis angka data , agar dapat
memberikan gambaran yang teratur,ringkas, dan jelas mengenai suatu
gejala,peristwa atau keadaan.
2. Pengelolaan
statistik inferensial yaitu yang dikenal dengan statistik induktif,atau dipergunakan
sebagai alat dalam rangka mencoba menarik sebuah kesimpulan yang bersipat umum
dari data yang telah disusun dan diolah.
II.3
CIRI KHAS STATISTIK
pada
dasar statistik terdapat tiga cir khusus statistik yaitu sebagai berikut:
1. Statistik
selalu bekerja dengan angka atau bilangan(data kuantitatif), untuk dapat
melaksanakan tugasnya, statistik memerlukan bahan keterangan yang bersifat
kuantitatif.
2. Statistik
bersifat objektif, statistik ini bekerja selalu menurut objeknya atau bekerja
dengan apa adanya.
3. Statistik
bersifat universal atau menyeluruh, artinya
ruang lingkup atau ruang geraknya tidak sempit.
II.4
PERMASALAHAN STATISTIK
hananto
sigit B.St. dalam bukunya statistik suatu pengantar (1966) mengemukakan
tiga permasalahan dasar dalam statistik , yaitu:
1. Permasalahan
tentang rata-rata.
Pengertian
rata-rata dalam kehidupan kita sehari-hari minsalnya: seorang guru akan
mengambil nilai rata-rata yang diperoleh oleh muridnya untuk mengetahui bagai mana kualitas muridnya
2. Permasalah
tentang pemencaran atau penyebaran (variability atau despersion). dalam permasalahan ini dimana seorang guru mungkin akan berkata
bahwa kepandaian muridnya dari kelas A adalah merata dari pada kelas B.
3. Permasalahan
tentang saling-berhubungan(kolerasi) minsalnya seorang guru berkata bahwa
mereka yang pintar dalam mata pelajaran metematika juga akan pintar dalam ilmu
fisika.
BAB
III
PENUTUP
III.I
KESIMPULAN
Ilmu statistik itu berhubungan
dengan data-data yang bersifat fakta. Dari data-data tersebut kita bisa
melakukan sebuah kegiatan . minsalnya
kita memperoleh data penduduk
dari data penduk iti lah kita bisa melakuakan sebuah kegiatan.yaitu,
kegiatan utuk mengetahui berapa jumlah
perpindahan penduduk, perkawinan,kelahran
dll.
Jika data diolah dengan baik dalam
suatu kegiatan akan di manfaatkan dengan
metodeyang baik maka akan menghasilkan statistik pendidikan. Artinya jika kita
akan melakukan suatu kegiatan statistik kita akan memerlukan suatu metode ,
yaitu cara-cara yang digunakan dalam menyusun data statistik tersebur.
DAFTAR
PUSTAKA
Anas sudijono, prof.Drs.,pengantar statistik
pendidikan, Jakarta:2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar