Jumat, 15 Juni 2012

“ Pengertian statistik”


MAKALAH
STATISTIK PENDIDIKAN I
“ Pengertian statistik”

Dosen Pengampu: Drs.Rizalman,M.pd





Disusun oleh
Kelompok  I :
1.    Abdul Kadir
 2. Ayu Febriani

JurusanFisika
FakultasTarbiyah
Institut Agama Islam Negeri
SulthanThahaSaefuddin Jambi
2012


KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat allah SWT yang telah menganugrahkan hidayah,inayah, kekuatan dan kesempatan kepada kami  sehingga kami bisa menyelesaikan tugas makalah kami “STATISTIK PEMDIDIKAN” .
            Sholawat dan salam kami khaturkan kepada baginda rosulullah SAW beserta para sahabatnya yang telah membelah ,melawan dan mempertahankan agama islam sebagai agama yang murni dari  allah SWT. Karena berkat beliaulah kita bisa menikmati indahnya  persaudaran antara umat islam dari belahan dunia. Demikianlah kiranya pengantar dari kami semoga isi dari pembahasan yang ini dapat bermanfaat.
Amin ya robbal alamin..............



BAB I
PENDAHULUAN

I.I LATAR BELAKANG
Secara etimologis kata “statistik” berasal dari kata  status, (bahasa latin) yang dalam bahasa indonesia  diterjemahkan  menjadi negara.
            ilmu  statistik adalah ilmu pengetahuan yang membahas atau mempelajari prinsip-prinsip ,metode  dan prosedur yang diperlukan  dan dipergunakan dalam pengumpulan ,penyusun, penggambaran, dan penganalisis  secara ilmiah atas dasar kumpulan data angka. Yang berkaitan dengan  pendidikan (khususnya proses beljar  mengajar) dan penarikan kesimpulan atas dasar kumpulan bahan keterangan yang  berwujud angka.
            Statistik juga berhubungan dengan data –data yang bersifat fakta dari data-dara tersebut kita bisa melakuklan  sebuah kegiatan.

I.2 RUMUSAN MASALAH
1.      Jelaskan pengertian statistik?
2.      Jelaskan penggolongan statistik?
3.      Jelaskan ciri statistik dan permasalahan statistik?

I.3 TUJUAN MASALAH
1.      Untuk  mengetahui pengertian statistic.
2.      Untuk memahami pengolangan statistic.
3.      Untuk mengetahui cirri dari statistic dan apa saja pemasalahannya.


BAB II
PEMBAHASAN

II.I PENGERTIAN STATISTIK
            secara etimologis statistik berasal dari kata status (bahasa latin) yang dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai negara, dimana ilmu statistik mempunyai arti yang penting dan kegunaan yang sangat besar dalam suatu negara.
            Sedangkan dari segi terminologi statistik terdapat beberapa pengertian  sebagai berikut:
a.       Istilah statik dapat diartikan sebagai data staitistik ,yaitu kumpulan bahan keterangan yang berupa angka atau bagian. Dan bisa juga disebut dengan deretan atau kumpulan angka yang menunjukkan keterangan mengenai cabang  kegiatan kehidupan tertentu.
b.      Istilah statistik ini disebut dengan kegiatan statistik ,dimana kegiatan itu sebagai pengumpulan data.
c.       Istilah statistik disebut juga dengan metoode statistik. Yaitu cara-cara yang perlu ditempuh dalam rangka mengumpulkan, menyusun atau mengatur,menyajikan dan menganalisis sekumpulan bahan bahan kerangk yang berupa angka sehingga nantinya dapat memberikan pengertian dan makna tertentu.
d.      Istilah statistik juga disebut  dengan ilmu statistik. Yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengembangkan secara ilmiah tahap-tahap yang ada dalam kegiatan statistik.
Dari beberapa penjelasan dari istilah statistik yang telah dipaparkan diatas dapat disimpulkan bahwa ilmu statistik adalah  ilmu pengetahuan yang membahas atau mempelajari prinsip-prinsip, metode,dan prosedur yang diperlukan dalam pengumpulan, penyusunan, dan penganalisis secara ilmiah atas dasar kumpulan bahan keterangan yang  berwujut angka.


II.2 PENGGOLONGAN STATISTIK
            berdasarkan tingkat pekerjaan atau tahap yang terdapat dalam kegiatan statistik, yaitu dapat dibeddakan menjadi dua penggolongan:
1.      Penggolngan  statistik desriptif yang biasa dikenal sebagai statistik deduktif atau statistik sederhana. statistik ini adalah statistik yang tingkat pekerjaannya mencakup cara-cara menghimpun , menyusun atau mengatur, mengolah, menyajiakn , dan menganalisis angka data , agar dapat memberikan gambaran yang teratur,ringkas, dan jelas mengenai suatu gejala,peristwa atau keadaan.
2.      Pengelolaan statistik inferensial yaitu yang dikenal dengan statistik induktif,atau dipergunakan sebagai alat dalam rangka mencoba menarik sebuah kesimpulan yang bersipat umum dari data yang telah disusun dan diolah.

II.3 CIRI KHAS STATISTIK
            pada dasar statistik terdapat tiga cir khusus statistik yaitu sebagai berikut:
1.      Statistik selalu bekerja dengan angka atau bilangan(data kuantitatif), untuk dapat melaksanakan tugasnya, statistik memerlukan bahan keterangan yang bersifat kuantitatif.
2.      Statistik bersifat objektif, statistik ini bekerja selalu menurut objeknya atau bekerja dengan apa adanya.
3.      Statistik bersifat universal atau menyeluruh, artinya  ruang lingkup atau ruang geraknya tidak sempit.

II.4 PERMASALAHAN STATISTIK
            hananto sigit B.St. dalam bukunya statistik suatu pengantar (1966) mengemukakan tiga permasalahan dasar dalam statistik , yaitu:
1.      Permasalahan tentang rata-rata.
Pengertian rata-rata dalam kehidupan kita sehari-hari minsalnya: seorang guru akan mengambil nilai rata-rata yang diperoleh oleh muridnya untuk mengetahui  bagai mana kualitas muridnya
2.      Permasalah tentang pemencaran atau penyebaran (variability atau despersion).        dalam permasalahan ini  dimana seorang guru mungkin akan berkata bahwa kepandaian muridnya dari kelas A adalah merata dari pada kelas B.
3.      Permasalahan tentang saling-berhubungan(kolerasi)                                           minsalnya seorang guru berkata bahwa mereka yang pintar dalam mata pelajaran metematika juga akan pintar dalam ilmu fisika.




BAB III
PENUTUP
III.I KESIMPULAN
            Ilmu statistik itu berhubungan dengan data-data yang bersifat fakta. Dari data-data tersebut kita bisa melakukan sebuah kegiatan . minsalnya  kita memperoleh data penduduk  dari data penduk iti lah kita bisa melakuakan sebuah kegiatan.yaitu, kegiatan utuk mengetahui  berapa jumlah perpindahan penduduk, perkawinan,kelahran  dll.
            Jika data diolah dengan baik dalam suatu kegiatan akan di manfaatkan  dengan metodeyang baik maka akan menghasilkan statistik pendidikan. Artinya jika kita akan melakukan suatu kegiatan statistik kita akan memerlukan suatu metode , yaitu cara-cara yang digunakan dalam menyusun data statistik tersebur.





DAFTAR PUSTAKA

Anas sudijono, prof.Drs.,pengantar statistik pendidikan, Jakarta:2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar