Sabtu, 23 Juni 2012

KELOMPOK 11


MAKALAH
STATISTIK PENDIDIKAN
MASALAH PERBEDAAN ANTAR-VARIABEL”
(TEKNIK ANLISIS KOMPARISIONAL)


Dosen Pengampu : Drs. Rizalman, M.Pd


Di susun oleh kelompok XI :


Iwan Hotma Parlindungan
TF.100569



PRODI FISIKA
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
SULTAN THAHA SAIPUDDIN JAMBI
2012-2013







BAB I
PENDAHULUAN

I.I    LATAR BELAKANG

Pengertian komparasi
Teknik komparasional terlibih dahulu akan diketengahkan pengertian tentang istilah komparasi. Compare artinya bandingan atau tara coparability mengandung arti sifat bisa dibandingkan disamakan comparable berarti sebanding atau dapat dibandingkan atau disamakan comparative artinta yang bertalian dengan perbandingan

I.II     RUMUSAN MASALAH

1.   Jelaskan tentang  pengertian komparasi ?
2.   Apa yang dimaksud dengan penelitian komparasi ?
3.   Jelaskan pengertian yang terkandung dalam istilah teknik analisis komparasional ?
4.   Apa yang dimaksud dengan teknik analisis komparasional bivarat dan teknik anlaisis komparasioanal multivariat ? kemukakan contohnya !

I.III   TUJUAN
1.  Untuk mengetahui pengertian, penelitian komparasi,teknik anlaisis komparsioanal,dan teknik analisis komparasional dan penggolongan
2.  Untuk mengetahui bagaimana cara memberikan pengertian komparasi terhadap angka teknik analisis komparasional
3.  Untuk mengetahui pengertian, makna dari komparisional multivirat
4.  Untuk mengetahui bagaimana cara memberikan interpretasi terhadap penelitian komparasi
                                  

BAB II
PEMBAHASAN

MASALAH PERBEDAAN ANTAR-VARIABEL
(TEKNIK ANLISIS KOMPARISIONAL)

I.I. PENGERTIAN PENILITIAN KOMPARASI
Beberapa pemikiran tentang penilitian komparasi yaitu menjelaskn bahwa penilitian komparasi pada pokoknya adalah penilitan yang berusaha untuk menemukan persamaan dan perbedaan tentang benda, tentang orang, prosedur kerja, tentang ide, kritik terhadap orang, kelompok, terhadap suatu ide atau suatu prosedur kerja. Dapat juga dilaksanakan dengan maksud untuk membandingkan kesamaan pandangan dan perubahan perubahan orang,grup atau negara terhadap kasus, terhadap pristiwa atau terhadap ide.
    Suharsimi selanjutnya mengumakakan apabila dikaitkan dengan pendapat van Dalen tentang jenis-jenis interrelationship studiess maka penilitian komparatif boleh jadi dimasukkan sebagai penilitian causal comparaitive studies yang pada pokonya ingin membandingkan dua atau tiga kejadian dengan melihat kejadiannya.

I.II PENGERTIAN TEKNIK ANALISIS KOMPARASIONAL
                   Pengertian tentang Teknik Analisis Komparasioanal yaitu salah satu teknik analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis mengenai ada tindaknya perbedaan antara variabel yang sedang diteliti.
                   Teknik Analisis Komparasioanal termasuk dalam kelompok metode analisis statistik infarinsial yang digunakan untuk menguji hipotesis dan selanjutnya menarik kesimpulan yang mengenai ada tidaknya perbedaan yang disignifikan diantara variabel yang sedang diteliti

I.III. ANALISIS KOMPARASIONAL DAN PENGGOLONGYA
Teknik Analisis Komparasioanal dengan variabel diperbandingkan dengan hanya dua buah saja.
1. Teknik Analisis Komparasioanal bivariat apakah terdapat sikap keagamaan yang disignifikan antara remaja yang berdomisili dilingkungan masyarakat      agraris dan remaja yang berdomisili lingkungan masyarakat industri.
2. Teknik Analisis Komparasioanal multivariat secara signifikan terdapat perbedaan sikap sosial sikap keagamaan remaja yang orang tuanya berbeda status sosial dan tingkatan pendidikannya.

II.I. SARAN

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.


         
Daftar pustaka: Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. jakarta: Raja Grafindo Persada.































Tidak ada komentar:

Posting Komentar